Pengertian
Pemasaran
Pemasaran
adalah proses sosial dan manajerial yang dilakukan seseorang atau kelompok
untuk memperoleh apa yang mereka buruhkan dan inginkan melalui penciptaan dan
pertukaran produk dan nilai (Philip
Kotler, 1994)
Dari pengertian
diatas, maka ada beberapa konsep yang perlu kita ketahui yaitu:
a.
Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya
ketiadaan kepuasan dasar tertentu dan sifatnya ada dan terlekat dalam tubuh dan
kondisi manusia.
b.
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas
yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam tadi.
c.
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan kepada
seseorang untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan. Produk dapat berupa
barang dan jasa.
Selain kensep-konsep di atas,
perlu pula untuk di ketahui peerbedaan antara pelanggan dengan konsumen.
Konsumen adalah pemakai akhir,
sedangkan pelanggan seringkali diartikan sama dengan pembeli yang bertindak
sebagai agen bagi konsumen akhir.
Oleh karena itu pemasaran
setidaknya jangan hanya mengerti apa yang diinginkan oleh pelanggan saja,
tetapi juga keinginan /kebutuhan konsumen akhir.
Dari penjelasan diatas, maka pada
dasarnya pokok pemikiran pemasaran adalah penyelarasan kemampuan perusahaan
dengan kebutuhan para pelanggan untuk mencapai tujuan perusahaan. (Malcolm HB Mc Donald, 1987) hal ini
akan dijelaskan lebih lanjut pada bagian mengenai kebijakan produk.
Bagian penyelarasan ini
berlangsung didalam lingkungan pemasaran, yaitu kondisi persaingan, teknologi,
pasar bahan baku dan tenaga kerja, kondisi ekonomi, politik, hukum dan sosial
budaya negara/tempat memasarkan produk.
Seringkali orang rancu akan
pengertian dari pemasaran dan penjualan. Penjualan
sebenarnya hanyalah merupakan salah satu bagian kegiatan pemasaran yaitu
hanya menyangkut kegiatan transaksi yang sesungguhnya dilakukan. Sedangkan pemasaran juga menyangkut masalah
penetapan produk, harga, saluran distribusi dan promosi oleh perusahaan selain
kegiatan penjualan diatas.
Oleh karena itu seharusnyalah
kegiatan pemasaran perlu dimanajemeni, agar kegiatan pemasaran perusahaan dapat
berlangsung secara efektif.
Daftar
pustaka
Pandji
Anoraga, SE, MM. Janti Soegiastuti, SE. Pustaka Jaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar