Selasa, 18 November 2014

Pengertian Pemasaran

Pengertian Pemasaran

          Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk memperoleh apa yang mereka buruhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai (Philip Kotler, 1994)

          Dari pengertian diatas, maka ada beberapa konsep yang perlu kita ketahui yaitu:
a.      Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu dan sifatnya ada dan terlekat dalam tubuh dan kondisi manusia.
b.     Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam tadi.
c.      Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan kepada seseorang untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan. Produk dapat berupa barang dan jasa.

Selain kensep-konsep di atas, perlu pula untuk di ketahui peerbedaan antara pelanggan dengan konsumen.

Konsumen adalah pemakai akhir, sedangkan pelanggan seringkali diartikan sama dengan pembeli yang bertindak sebagai agen bagi konsumen akhir.

Oleh karena itu pemasaran setidaknya jangan hanya mengerti apa yang diinginkan oleh pelanggan saja, tetapi juga keinginan /kebutuhan konsumen akhir.

Dari penjelasan diatas, maka pada dasarnya pokok pemikiran pemasaran adalah penyelarasan kemampuan perusahaan dengan kebutuhan para pelanggan untuk mencapai tujuan perusahaan. (Malcolm HB Mc Donald, 1987) hal ini akan dijelaskan lebih lanjut pada bagian mengenai kebijakan produk.

Bagian penyelarasan ini berlangsung didalam lingkungan pemasaran, yaitu kondisi persaingan, teknologi, pasar bahan baku dan tenaga kerja, kondisi ekonomi, politik, hukum dan sosial budaya negara/tempat memasarkan produk.

Seringkali orang rancu akan pengertian dari pemasaran dan penjualan. Penjualan sebenarnya hanyalah merupakan salah satu bagian kegiatan pemasaran yaitu hanya menyangkut kegiatan transaksi yang sesungguhnya dilakukan. Sedangkan pemasaran juga menyangkut masalah penetapan produk, harga, saluran distribusi dan promosi oleh perusahaan selain kegiatan penjualan diatas.

Oleh karena itu seharusnyalah kegiatan pemasaran perlu dimanajemeni, agar kegiatan pemasaran perusahaan dapat berlangsung secara efektif.

Daftar pustaka

Pandji Anoraga, SE, MM. Janti Soegiastuti, SE. Pustaka Jaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar